Dieng Plateu

19 Tempat Wisata Menarik Di Dieng Ini Wajib Kamu Kunjungi

Dieng dikenal dengan sebutan negeri di atas awan. Ketinggian rata-rata Dieng berada sekitar 2.000mdpl karena itu suhu udara di sana sangat dingin, mencapai 12-20°C di siang hari dan 6-10°C saat malam hari. Bahkan pada Agustus 2013 suhu udara mencapai -1° sampai-sampai memunculkan embun upas. Embun upas adalah embun beku yang ada di pucuk-pucuk daun atau rumput. Bentuknya mirip-mirip dengan salju. Sayangnya meskipun cantik, embun upas sangat dimusuhi petani karena menyebabkan gagal panen.

Embun Upas
Embun Upas

Untuk menuju ke Dieng, setidaknya ada dua alternative transportasi publik yang bisa kamu gunakan yaitu kereta api dan bus. Kalau kamu naik kereta api, kamu bisa turun di Stasiun Purwokerto lalu menyambung naik bus umum jurusan Terminal Mendolo Wonosobo dan dilanjutkan naik mikro bus menuju Dieng. Sedangkan jika kamu memilih naik bus, kamu langsung turun di Terminal Mendolo Wonosobo dan lanjut naik mikro bus kearah Dieng. Saat naik mikro bus, jangan lupa untuk duduk di dekat sopirnya. Biasanya sopirnya tidak segan-segan menjadi guide dadakan selama perjalanan saat tahu kita bukan berasal dari Dieng.

Ada banyak tempat wisata di Dieng yang sayang kalau dilewatkan. Apa saja? Ayo kita bahas satu persatu.

1. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir
Bukit Sikunir

Bukit ini merupakan salah satu icon utama Dieng. Disebut-sebut sebagai spot hunting sunrise terbaik di Asia Tenggara. Letaknya berada di Desa Sembungan. Untuk mencapai puncak, kamu harus menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 800mtr. Jalurnya cukup menanjak, jadi kamu harus memakai sepatu yang nyaman di kaki dan tentu cocok untuk trekking. Sebenarnya ada 2 spot untuk melihat sunrise di bukit Sikunir yaitu Pos 1 dan Pos 2. Letak Pos 1 lebih rendah daripada Pos 2. Biasanya Pos 1 dijadikan tempat beristirahat sejenak serta untuk sholat karena disediakan juga mushola kecil di sana.

2. Desa Sembungan
Desa Sembungan adalah desa tertinggi di Pulau Jawa. Jadi buat kamu-kamu yang suka ketinggian tapi males nanjak, Desa Sembungan bisa jadi alternative. Tinggal duduk di mobil/motor, sampai deh kamu di ketinggian. Desa Sembungan menjadi desa yang dilalui ketika kita menuju Bukit Sikunir. Tinggi Desa Sembungan adalah 2.306 mdpl.

3. Telaga Warna
Telaga ini dinamakan Telaga Warna karena air danaunya yang sering berubah-ubah warna. Ini terjadi karena air telaga mengandung sulfur yang cukup tinggi. Telaga Warna menjadi tempat pelarungan rambut gimbal dalam acara Dieng Culture Festival.

Telaga Warna
Telaga Warna

4. Telaga Merdada
Telaga Merdada merupakan telaga terluas yang ada di Dieng. Uniknya, telaga ini tidak memiliki sumber air. Hanya murni hanya mengandalkan curahan air hujan. Oleh karenanya saat musim kemarau, air di telaga ini akan menyusut.

5. Telaga Pengilon
Telaga Pengilon terletak bersebelahan dengan Telaga Warna. Berbeda dengan Telaga Warna yang dapat berubah warnanya, Telaga Pengilon hanya tidak dapat berubah warna. Keunikan Telaga Pengilon adalah warna airnya yang bening seperti cermin.

6. Gardu Pandang Tieng
Gardu Pandang Tieng menjadi lokasi untuk menyaksikan matahari terbit bagi yangtidak sempat ke Bukit Sikunir. Selain itu, kita juga dapat menyaksikan pemandangan pedesaan yang menghampar di bawahnya.

7. Batu Ratapan Angin
Batu Ratapan Angin berada di atas Telaga Warna. Berupa dua buah batu besar yang saling berdampingan. Batu Ratapan Angin menjadi lokasi yangstrategis untuk melihat dan berfoto dengan latar belakang Telaga Warna dan Telaga Pengilon serta bukit-bukit yang berjejer mengelilingi kedua telaga.

Batu Ratapan Angin
Batu Ratapan Angin

8. Dieng Plateu Theater
Dieng Plateu Theater merupakan gedung yang menampilkan film documenter tentang Dieng. Dari sejarah hingga potensi yang ada di Dieng.

9. Komplek Candi Arjuna
Terletak di Dieng Kulon, Batur. Komplek Candi Arjuna memiliki lima bangunan candi yaitu Candi Arjuna, Candi Semar, candi Srikandi, Candi Puntadewa dan Candi Sembrada.

Komplek Candi Arjuna
Komplek Candi Arjuna

10. Sumur Jalatunda
Sumur Jalatunda adalah sumur raksasa yang terbentuk akibat letusan ribuan tahun lalu. Kedalaman Sumur Jalatunda diperkirakan 100 meter.

11. Kawah Sikidang
Kawah Sikidang adalah salah satu objek wisata unggulan di Dieng. Terbentuk karena letusan gunung berapi dan sampai sekarang masih aktiv. Keunikan Kawah Sikidang adalah lokasi kolam kawah yang berpindah-pindah, menyerupai kidang/kijang yang melompat dari satu sisi ke sisi lain.

Kawah Sikidang
Kawah Sikidang

12. Telaga Cebong
Telaga Cebong terletak di dekat Bukit Sikunir. Telaga ini terbentuk akibat letusan Gunung Prau Purba ribuan tahun lalu. Telaga Cebong dpat dinikmati dari Bukit Sikunir maupun dari area perkebunan warga.

13. Kawah Candradimuka
Merupakan salah satu dari sekian banyak kawah yang ada di Dieng. Kawah ini bukan merupakan kawah gunung berapi melainkan rekahan tanah yang mengeluarkan suhu yang sangat panas.

14. Kawah Sileri
Kawah Sileri terkenal akibat aktivitas letusannya. Namun aktivitasnya makin tahun semakin mengecil. Berwisata ke Kawah Sileri, pengunjung akan dapat merasakan gemuruh

15. Museum Kailasa
Museum Kailasa berisi koleksi benda-benda cagar budaya, artefak dan film mengenai. Dieng.

16. Gunung Prau
Memiliki ketinggian 2.565 mdpl dan termasuk dalam gunung dengan ketinggian sedang. Gunung Prau dapat didaki hanya dengan sehari. Fenomena sunset dan sunrisenya.

17. Tuk Bima Lukar
Tuk Bima Lukar adalah salah satu dari beberapa sumber mata air yang dikeramatkan. Mata air ini mengaliri Sungai Serayu.

18. Goa Semar
Goa Semar berada dalam satu kawasan dengan Telaga Warna. Berdekatan pula dengan Goa Jaran, Goa Pengantin dan Goa Sumur. Daerahnya cukup asri karena ditumbuhi pepohonan-pepohonan lebat.

19. Sungai Serayu
Sungai Serayu menjadi sungai yang mengaliri Dieng. Di Sungai Serayu, pengunjung dapat melakukan aktivitas seperti memancing dan arung jeram.

Demikian sekelumit tentang Dieng. Bagi kamu yang ingin mengunjungi Dieng, Bandar Wisata punya Open Trip Dieng yang jalan setiap akhir pekan. Pendaftaran tanpa minimum kuota. Harganyapun hemat dan cocok untuk kantong mahasiswa. Atau kamu ingin merancang liburan ala kamu? Mutusin sendiri mau kemana aja dan berapa lama. Nanti Bandar Wisata yang akan membantu mengakomodirnya.

Mampi-mampir ya websitenya Bandar Wisata di ke http://www.bandarwisata.com. Ada banyak open trip dan tentu saja diskon special bagi kamu yang daftar via web.

Segera hubungi kita di:
Telp/WA/SMS : 0811-936-236
Instagram : bandar_wisata
Id Line : bandar_wisata
Website : www.bandarwisata.com

Leave a comment